kumpulan Cara dan Teknis Budidaya Tanaman

Budidaya Pepaya

bbpplembang pepaya
BUDIDAYA PEPAYA (Carica papaya L) By Risa. Tanaman pepaya dapat tumbuh pada ketinggian 0-100 m dpl dan paling baik tumbuh pada ketinggian 600-700m dpl. Keadaan iklim suatu daerah sangat mempengaruhi rasa buahnya.
Makin tinggi tempat tumbuhnya, makin kurang rasa manisnya. Tanah yang baik untuk pertanamannya adalah tanah yang gembur, subur, aliran airnya baik dan air tanahnya cukup.
Tanaman pepaya merupakan tanaman tropis oleh karenanya tanaman ini tidak tahan terhadap hawa dingin. Waktu yang baik untuk bertanam ialah pada musim kemarau, karena pada masa berikutnya masa berbuah akan lama dan terus menerus, sebab pembuahan bunga pepaya lebih berhasil pada waktu kelembapan tinggi.
Persiapan Bibit
Benih/bibit pepaya diambil dari buah pepaya yang masak pohon atau yang tua betul dan dalam keadaan baik.
Diambil dari pohon induk yang mempunyai sifat terus-menerus sepanjang tahun berbunga sempurna, bentuk buah lonjong dan umur pohon induk sekitar 1,5-2 tahun.
Sepertiga bagian buah yang dekat dengan tangkai buah dipotong dan dibuang. Dua pertiga lagi, bagian yang ujungnya di tepuk-tepuk dengan telapak tangan. Apabila bijinya rontok, maka biji tersebut disingkirkan, sedangkan biji yang masih melekat dipergunakan untuk bibit.
Kemudian biji tersebut diambil dan dimasukkan kedalam air abu, biji yang terapung dibuang, biji yang tenggelam diambil. Kemudian dibuang kulitnya, dibersihkan dan diangin-anginkan.
Persemaian
Buatlah bedengan dengan panjang 1,5m lebar 1m dan tinggi 30 cm menghadap ke arah timur.
Tanah diolah sampai gembur dan dicampur dengan kompos halus.
Untuk menghidari sinar matahari dan hujan secara langsung, sebaiknya pesemaian diberi atap dari daun rumbia atau dari daun kelapa.
Taburkan bibit sambil ditekan dengan ujung jari, jarak tanam 10 cm. Disiram setiap hari dengan menggunakan gembor.
Setelah berumur 1 bulan dipindahkan ke dalam polybag dan setelah tanaman berumur 2 bulan siap ditanam di lapangan.
Penanaman
Jarak tanam yang paling baik 2,5 x 2,5 m atau 3 x 3 m.
Setiap lubang diberi pupuk kandang sebanyak 15-20 kg.
Aduk-aduk pupuk kandang dengan tanah bekas galian lubang, kemudian tanamkan bibit sebanyak 2 pohon per lubang.
Pemeliharaan tanaman
Setelah tanaman berumur 3-4 bulan tanaman diseleksi. Dipilih satu pohon saja yang berbunga sempurna, sedang yang lainnya dibuang.
Penyiangan dilakukan sekitar tanaman dengan membersihkan rumput-rumput dan kotoran.
Pengairan harus cukup tetapi tidak boleh tergenang.
Pemupukan
Pemupukan I, dilakukan 2 minggu sebelum tanam dengan pupuk kandang
Pemupukan II, dilakukan 1 bulan setelah tanam
Pemupukan III, dan setrusnya dilakukan setiap 3-4 bulan sekali
Pencegahan dan pemberantasan hama penyakit
Penyakit layu disebabkan oleh jamur Pythium yang menyerang leher akar sehingga akar menjadi busuk. Pencegahannya ialah dengan merawat/memperhatikan saluran pembuangan.
Bercak-bercak pada buah dapat dicegar dengan menyemprotkan Dihane M 45 dengan dosis 5 gram/4 liter air, pada waktu tanaman sedang berbunga atau berbuah muda.
Daun keriting dan berbintik kuning, disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh kutu daun (Aphis). Penyakit ini dapat dicegah dengan menyemprotkan insektisida.
Hama tungau (tetranychus sp) menyerang daun. Pemberantasannya dengan menyemprotkan insektisida.

Pemungutan hasil
Setelah berumur 9-12 bulan tanaman sudah dapat menghasilkan buah. Tiap pohon dapat menghasilkan 200-300 buah. Sesudah berumur 4 tahun tanaman sudah mulai berkurang produksinya dan sebaiknya tanaman dibongkar dan diremajakan kembali.


sumber : http://www.bbpp-lembang.info
0 Komentar untuk "Budidaya Pepaya"

Back To Top